Selamat datang di Pusat Informasi Pertanian dan Perkebunan

Produktifitas Tanaman Pangan

0 komentar

PIM juga ikut mendukung program Pemerintah di bidang ketahanan pangan yaitu menyalurkan urea bersubsidi di wilayah rayon Sumatera Bagian Utara (Sumbagut). Sesuai Peraturan Menteri Pertanian No 130/Permentan/SR.130/11/2014, alokasi penyediaan pupuk bersubsidi mencapai 377.600 ton yang mencakup luas areal sekitar 1.800.000 hektare (Ha) tanaman pertanian dengan rincian sebagai berikut:

Di samping untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi, PIM juga ikut serta dalam Program Gerakan Peningkatan Produktivitas Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) mulai tahun 2013 sampai saat ini. Tahun 2013 PIM mendapat tugas mengelola lahan dan membina petani di sejumlah area di Aceh seluas 60.000 Ha/tahun, dan tahun 2014 PT PIM mencapai target pengelolahan seluas 80.000 Ha. Lalu, tahun 2015 PT PIM mendapat penugasan melebihi dari tahun sebelumnya yaitu 110.000 Ha yang meliputi sembilan kabupaten/kota yaitu Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen, Pidie Jaya, Pidie dan Aceh Besar. Target pelaksanaan Program GP3K adalah meningkatkan produktivitas panen petani.

Dalam pelaksanaan Program GP3K, PIM menitik beratkan pada program intensifikasi padi yang meliputi:
- Pengembangan teknik budidaya, pemasyarakatan sistem pemupukan berimbang (5:3:2) yaitu dengan dosis pupuk 500 Kg/Ha pupuk organik, 300 Kg/Ha NPK dan 200 Kg/Ha pupuk urea melalui demplot percontohan
- Pengembangan pola penanaman jarak legowo 2:1 yaitu sistem tanam dengan 2 jajar dan 1 lorong
- Penggunaan benih unggul yakni benih unggul bersertifikat produk PT PIM dengan merk “Padi PIM”
- Program pengendalian hama yaitu berpartisipasi menanggulangi area endemi hama yang yang direkomendasi oleh Instansi Pertanian setempat

Program intensifikasi padi yang dikembangkan PT PIM melalui GP3K tahun 2013-2014 berhasil meningkatkan panen padi rata-rata 1 ton/Ha dari hasil sebelumnya, yakni dari 7 menjadi 8 ton/Ha. Sampai akhir 2014, PT PIM telah melakukan demontrasi plot (Demplot) di wilayah Aceh sebanyak 131 titik yang tersebar di enam kabupaten area pengelolaan GP3K, dari penugasan 300 titik demplot dan selebihnya dilakukan di rayon PT PIM luar Aceh. 

Dalam pengembangannya, PT PIM juga bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk penelitian aplikasi pupuk bio-organik pada tanaman padi di beberapa area pengelolaan GP3K, dengan hasil panen hingga mencapai 11 ton/Ha. Pada lahan percontohan/demplot juga diaplikasikan penambahan pupuk Zn yang dilakukan di Desa Pinto Makmur, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara yang berhasil mendapatkan produktivitas panen padi sampai 9 ton/Ha dari produksi.(*)
Share this article :
 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2012-2015. Perkebunan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger