Selamat datang di Pusat Informasi Pertanian dan Perkebunan

Aren adalah Komoditas Alternatif Penghasil Gula Metanol

0 komentar

BERITA PERKEBUNAN – Aren adalah tanaman dengan tipe penyerbukan terbuka dan diduga tanaman aren mempunyai keragaman genetik yang tinggi. Penyebaran tanaman aren sangat luas di Indonesia. Data rinci mengenai potensi dan sebaran aren masih sulit diperoleh. Di Indonesia terdapat beberapa provinsi sentra pertanaman aren di antaranya adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan Sumatera Barat (Balitpalma, 2014).

Salah satu daerah sentra tanaman aren di Indonesia adalah Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara yang terletak + 25 km dari Manado. Penelitian Aren Dalam di kota Tomohon, Sulawesi Utara telah dilakukan sejak tahun 2008 dan dilanjutkan observasinya pada tahun 2012 sampai tahun 2014 oleh Balai Penelitian Tanaman Palma, Badan Litbang Pertanian dan didukung oleh Pemerintah Kota Tomohon. Kota Tomohon memiliki pertanaman aren seluas 756 Ha dengan produksi gula 710,73 ton atau rata-rata 0. 94 ton per hektar per tahun. Tanaman aren di kota Tomohon cukup beragam secara genetik, dan salah satunya adalah Aren Tipe Dalam. Aren Dalam sudah ada sejak lama di kota Tomohon dan telah dimanfaatkan baik sebagai bahan baku pembuatan gula maupun dalam pembuatan minuman beralkohol lokal (dikenal dengan cap Tikus).

Aren tipe Dalam asal Tomohon telah dirilis oleh Menteri Pertanian dengan SK No. 1059/Kpts/SR.120/10/2014, dengan nama Aren varietas Akel Toumuung. Varietas ini memiliki produksi nira tinggi > 30 liter per mayang per hari dan kurun waktu penyadapan per mayang cukup lama yaitu > 3 bulan. Nilai tambah tersebut memberi peluang pengembangannya di daerah sentra aren lainnya di Indonesia dalam meningkatkan pendapatan petani.

Untuk pengembangan aren varietas Akel Toumuung, di daerah sentra aren lainnya telah dipilih pohon induk sebanyak 33 pohon yang sangat potensial untuk dijadikan sumber benih. Produksi benih per mayang adalah rata-rata 7.200 butir dan produksi benih per pohon 54.700 butir. Dengan demikiana dari pohon induk terpilih akan menghasilkan benih aren yang dapat digunakan untuk pengembangan aren seluas 136,7 hektar.

Share this article :
 
Support : PT Fin Komodo Teknologi | Creating Website | Dewa Yuniardi | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2012-2015. Perkebunan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger