Banda Aceh (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menyatakan pembangunan di kawasan tersebut pada tahun ini fokus pada pertanian karena daerah itu memiliki potensi relatif cukup besar untuk sektor tersebut.

Bupati Aceh Barat T. Alaidinsyah di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, dengan potensi yang relatif cukup luas di sektor pertanian dan perkebunan, tidak salahnya jika pemerintah kabupaten itu mencanangkan pembangunan untuk sektor tersebut.

Ia mengatakan bahwa meningkatnya produktivitas hasil pertanian juga akan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan petani di kabupaten tersebut pada masa mendatang.

Kabupaten Aceh Barat, kata dia, merupakan salah satu daerah sentra produksi berbagai jenis komoditi pertanian, yakni tanaman pangan, seperti padi, palawija, dan sektor perkebunan, misalnya, kelapa sawit dan karet.

"Aceh Barat masih memiliki luas lahan yang cukup luas untuk dikembangkan berbagai komoditas pertanian dan perkebunan," katanya.

Pihaknya meyakini dengan potensi cukup besar tersebut upaya menyejahterakan petani akan tercapai seiring dengan meningkatnya pemahaman petani dalam meningkatkan hasil produksi dan pendapatan.

"Kami juga terus berupaya membina petani agar mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas dari berbagai komoditas yang dikembangkan petani di Aceh Barat," katanya.

Ia mengatakan bahwa peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu upaya dalam memaksimalkan berbagai potensi ekonomi di daerah berjuluk "Negeri Tauhid Tasawuf".